Meramal Pergerakan Arsenal di Bursa Transfer Januari 2015

Bursa transfer Januari belum resmi dibuka namun seperti yang kita sama-sama paham, Arsene Wenger gagal menambal lubang di beberapa lini skuat Arsenal. Saya hanya bisa menghela nafas saat harapan bahwa menjuarai Piala FA bisa menjadi momentum kebangkitan, ternyata Arsenal kembali terjebak ke kenangan masa lalu kebiasaan buruk di musim-musim sebelumnya (badai cedera, tak ada perekrutan gelandang bertahan sementara Arteta dan Flamini semakin menua, performa lini belakang yang sekonyol akting Simon Pegg, yang secara kumulatif memangkas harapan kita jauh sebelum musim berakhir).
Saya tidak yakin Wenger mampu menemukan pemain yang bisa direkrut di pertengahan musim, selain ia sendiri mengakui sebagai pembenci transfer Januari, ajukan pada saya pembelian Arsene terbaik di transfer Januari. Arshavin? Jose Antonio Reyes? Abou Diaby? Nama kedua, selain memperpanjang kutukan pemakai no. 9 memang berperforma apik. Namun menurut saya kala Arsene meminangnya dari Sevilla, ia berniat untuk peremajaan tim, bukan pembelian penting. Tidak usah jauh-jauh, musim lalu pun kita sangat membutuhkan sosok pengganti Theo Walcott. namun siapa yang Arsene rekrut?
Kim fucking Kallstorm.
Saat ini kita mengalami kejadian serupa. Tidak usah kaget saat menghadapi Liverpool Arsenal seperti kebingungan mendistribusikan bola. Poros lini tengah dihuni oleh Flamini dan Chamberlain. Begitu pula di sektor bek ketika musim ini Koscielny lebih sering berada di ruang rawat ketimbang lapangan bola. Pria dengan postur seringkih Nacho Monreal pun didaulat sebagai bek tengah. Sangat fantastis. Saya rasa di masa lalu Abou Diaby pernah menyelamatkan nyawa Arsene. Sehingga, mungkin, kehilangan satu kaki pun Diaby akan tetap berada di Arsenal.
Tulisan ini datang dari partner saya — yang belakangan beberapa kali turut meng-update Twitter, Dadad. Selamat menikmati.

 

Oleh: Unggul Wisesa Hadad

Predictable But Tricky
Cukup menyenangkan sebenarnya untuk saya membahas berbagai macam rumor transfer yang terjadi di musim ini. Tidak seperti beberapa musim lalu, saya selalu mengebu-gebu dan terlalu banyak terpancing berita palsu buatan media atau titipin agen. Namun musim ini saya sudah sedikit memahami pola dari transfer Arsenal di bulan Januari. Saya akan membahasnya dengan cukup singkat dan mudah dimengerti.

Goalkeeper

1. Petr Cech – Chelsea
Transfer Rumour Level : Unbelivably Stupid


Petikan dari agen Peter Cech:

It’s unlikely Petr will leave Chelsea in the January transfer window. The club and coach want to keep him to help win the title. I think Arsenal should have made an offer to him. I think Petr would be considering it. Liverpool need to strengthen their position in goal and they know Petr will be available in the summer.

Kesimpulannya adalah berita kepindahan Petr Cech yang beredar dan menjadi judul yang mengundang untuk diklik adalah murni permainan media dan agen. Di satu sisi agen sedang mencari klub terbaik untuk Petr Cech yang masih dalam performa gemilangnya dan hanya kalah tempat dari Courtois karena Mourinho ingin mengasah kiper mudanya itu. Salah satu klub besar yang menjadi incaran tak lain adalah Arsenal yang selalu rajin diterpa isu kiper dan Liverpool yang kiper-kipernya sedang dalam performa kurang baik.

Untuk mengakhiri paragraf ini, saya nyatakan rumor ini hanyalah permainan kata dari hasil interview agen Petr Cech yang diputar balikkan menjadi berita dengan judul yang mengundang pembaca. Terutama fans Arsenal. Seriously, kiper baru setelah Arsenal punya Szczesny, Ospina dan Martinez?

Defender
1. Tyrone Mings – Ipswich Town
Transfer Rumour Level : Makes Sense

Tyrone Mings. Bek kiri berumur 21 tahun dari Ipswich Town yang digadang-gadang menjadi incaran Arsenal. Posisi bek menjadi fokus berita transfer media belakangan ini. Sampai akhirnya nama Mings mencuat. Bek kiri? Bukannya lagi krisis banget bek tengahnya? Wenger dikabarkan melihat prospek Mings sebagai bek tengah, seperti halnya Chambers yang sebelumnya bermain di posisi bek kanan di klub sebelumnya. Rumor ini cukup masuk akal, mengingat pembelian Mings sebenarnya bisa menjadi sebuah solusi sementara sampai Koscielny kembali dan membangkucadangkan Mings setelah duet Kos dan Per kembali. Terdengar lebih mudah untuk Wenger daripada membangkucadangkan nama besar (yang kemungkinan akan dibeli) yang bisa berbuah masalah besar. Mings pun bisa belajar banyak dari seniornya sebelum siap untuk menjadi langganan starting line up.

2. Winston Reid – Westham
Transfer Rumour Level : Agent Mind Game

Reid salah satu bek yang kerap turut serta ketika Arsenal diserang isu pembelian bek. Sudah 2 musim Reid menjadi salah satu figuran dalam rumor transfer bek Arsenal. Reid yang kontraknya musim depan habis semakin santer dikabarkan dekat dengan Arsenal. Namun menurut saya berita itu hanyalah permainan agen Reid yang ingin kliennya bergabung dengan klub besar dan mendapat untung besar.

3. Sergio Ramos – Real Madrid
Transfer Rumour Level : F**kin Stupid

Setelah dikabarkan menolak perpanjangan kontrak dari Real Madrid selama 2 tahun. Menurut jurnalis dari AS, Wenger dikabarkan sudah menghubungi agen dari Sergio Ramos, yang tidak lain adalah kakaknya sendiri. Namun terlepas dari itu, level dari rumor ini sudah memasuki tahap kebodohan yang sulit untuk dipercaya. Rumor ini mungkin akan jauh lebih masuk akal di transfer musim panas besok. Tergantung performa Real Madrid (prestasi musim ini) dan Arsenal (lolos liga champion).

4. Matt Hummels – Borussia Dortmund
Transfer Rumour Level : Unbelivably Stupid

Saya bahkan tidak perlu membahas rumor ini. 30m poundsterling untuk seorang bek, di bulan Januari dengan catatan cedera yang cukup mengkhawatirkan. Rumor ini sedikit masuk akal, karena Dortmund sedang diterjang ombak besar dan harus menjauh dari degradasi.

5. Ron Vlaar – Aston Villa
Transfer Rumour Level : Almost Impossible

Rumor yang cukup masuk akal karena kontrak Vlaar sendiri akan berakhir musim depan. Namun persaingan ketat dari United membuat transfer ini nyaris mustahil. Walaupun sebenarnya Arsenal lebih memiliki nilai plus karena bermain di Liga Champions. Namun efek dari Van Gaal sebagai bos United (Vlaar menjadi pemain inti skuat Belanda yang ditangani van Gaal di Piala Dunia kemarin) bisa membuat transfer ini lebih condong menguntungkan United. Apalagi penawaran gaji dari United pasti jauh lebih besar.

Midfielder

1. Morgan Schneiderlin – Southampton
Transfer Rumour Level : Almost Impossible

Dari musim lalu kita sudah dihubungkan dengan Schneiderlin. Pemain yang bersangkutan bahkan kabarnya sempat mengajukan transfer request. Saingan Arsenal (jika benar-benar mengincarnya) untuk mendapatkan Schneiderlin adalah Spuds. Spuds punya nilai plus karena peran Mauricio Pochettino, mantan pelatih Scheiderlin di Southampton dulu. Namun bisa saja Schneiderlin melihat sisi lain dari konsistensi Arsenal yang selalu tampil di liga champion 17 kali berturut-turut.

Impian Schneiderlin bermain di liga champion mungkin akan bisa lebih mudah tercapai apabila dia bergabung dengan Arsenal. Pertanyaannya adalah, apakah mungkin Southampton akan menjual pemain pentingnya di bulan Januari dan di saat klub ini sedang mengalami penurunan performa?

2. Moussa Sissoko – Newcastle
Transfer Rumour Level : Stupid

Saya masih berbaik hati tidak memberikan level “Unbelivable Stupid” kepada rumor ini. Cukup masuk akal awalnya karena Sissoko bisa bermain sebagai gelandang bertahan untuk Arsenal, walaupun sebenarnya dia lebih sering bermain sebagai gelandang serang di Newcastle. Apalagi beredar hasil wawancaranya yang entah bagaimana wawancara aslinya, dan disimpulkan Sissoko menyukai Arsenal dan ingin bermain di liga champion. Namun pembelian Sissoko adalah pembelian yang sangat-sangat tidak masuk akal untuk Arsenal di Januari saat ini. End of story.

3. Krystian Bielik – Legia Warsaw
Transfer Rumour Level : Makes Sense
Pembelian Bielik yang sepertinya akan terjadi mengingatkan saya akan pembelian Chamberlain. Pemain yang masih muda namun setelah dibeli Wenger dan langsung diberikan akses karpet merah khusus ke tim utama.
Berikut video scouting dari Bielik. Bielik bermain di posisi gelandang bertahan di timnya.

Sekilas permainannya dan gayanya waktu melepas passing mengingatkan saya kepada Cesc Fabregas waktu masih dimainkan di deeper role. Sementara keganasannya menyundul bola sedikit mengingatkan saya ke Nemanja Matic. Namun yang membuat saya sedikit bersemi-semi adalah, Bielik memiliki gaya dribbling yang khas, dan jarang dimiliki oleh gelandang bertahan. Bielik juga sering maju ke depan membantu serangan. Hal ini membuat Bielik lebih mengingatkan saya kepada Jack Wilshere. Apabila transfer ini akan terjadi dan (mungkin) menjadi satu-satunya gelandang yang dibeli oleh Arsenal menurut saya sangat-sangat masuk akal. Ramsey dan Arteta akan kembali di bulan Januari, jadi pembelian Bielik bukan menjadi surplus untuk Arsenal. Bielik bisa dimainkan di FA Cup.

Striker

Tidak akan saya bahas.

3 thoughts on “Meramal Pergerakan Arsenal di Bursa Transfer Januari 2015

  1. posisi yang urgent adalah CB dan DMF, pembelian 2 CB dan 1 DMF akan memperkuat skuad dan rotasi pemain buat tetap survive sampai akhir musim,belajar dari musim lalu ketika Arsenal membutuhkan tukang gedor di lini depan tapi sama sekali gak ada pembelian striker,akibatnya performa lini depan jadi hancur dan jatuh dari pemuncak klasemen,jangan sampai kesalahan terulang kembali,semoga pemain yang benar benar sangat dibutuhkan Arsenal seperti yang banyak disuarakan fans dan supporter khusunya di Inggris sana yang juga banyak menyuarakan pembelian CB dan DMF dapat terealisasi,setidaknya musim ini Arsenal bisa juara FA CUP lagi,COYG !!! GRAB THAT FA CUP TROPHY !!!

    Like

  2. Dari nama2 besar yang dihubungkan, emang ngga ada yang masuk akal untuk transfer Januari, tapi plausible sih buat summer transfer. Nama-nama kaya Gundogan dan Khedira sangat masuk akal, asal di summer depan, dan schneiderlin, asal Southampton tidak lolos UCL. Tapi itu semua tergantung performa Coquelin dan Bielik setengah musim kedepan. Ron Vlaar? Malah baru denger sekarang. Menarik sih, tapi agak berat juga kalau saingannya MU 20-80 kalau Januari ini, tapi bisa 50-50 kalau summer nanti IMO. Mings? Menarik juga, yang jelas setelah penampilan lawan city kemarin, jadi cukup pede untuk sisa musim ini.

    Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s