Match Preview: Arsenal v Aston Villa, New Spirit, New Hope, (no) New Signing

 
Oleh: Dimas Sudjendro

Akhirnya setelah sekian lama menunggu, EPL juga akan memulai debutnya untuk musim 2013/2014. Namun saya yakin, sampai saat ini bukanlah musim yang baik untuk para fans Arsenal, apalagi dengan tidak adanya pemain baru yang masuk. Bahkan para AKB pun sempat skeptis pada Arsene. Cukup ironis, tetapi ini kenyataan.

Jovetic, Bernard, Rooney, Suarez, Higuain, Grenier, bahkan sampai Gustavo-pun lepas dari genggaman Arsenal di bursa transfer kali ini. Saya tidak tau apa penyebab mengapa Arsenal sama sekali belum belanja apa-apa. Padahal, budget jelas ada, dan pemain yang keluar pun sangat banyak. Yang masuk? Baru Yaya Sanogo. Tetapi daripada membahas masalah transfer yang menyedihkan untuk kali ini, mari kita membahas mengenai pertandingan besok.

Match Preview

Dalam 3 musim terakhir, Arsenal selalu gagal meraih kemenangan di laga pembuka EPL (tiga kali seri saat menghadapi Sunderland, Newcastle dan Liverpool). Arsenal memang terkenal dengan ‘slow start’-nya, dan hal ini yang membuat Arsenal selalu gagal menjadi title contender. Jika Arsenal kalah kala menghadapi Aston Villa besok, maka dipastikan fans Arsenal aka nada di titik puncak ‘frustasi’. Karena selain gagal menangnya di awal kompetisi, juga lambatnya pergerakan di bursa transfer.

Arsenal besok dipastikan tidak akan membawa Nacho Monreal, Thomas Vermaelen, dan Mikel Arteta karena cedera. Yang paling mengkhawatirkan adalah cedera Mikel Arteta yang kemungkinan bisa sampai 6 minggu. Kehilangan Arteta di lini tengah merupakan tamparan cukup besar, mengingat Arteta merupakan salah satu pemain yang memotori pergerakan antara bertahan dan menyerang.

Meskipun Ramsey bermain baik di pra musim, namun peran Arteta sebagai anchor sangatlah krusial untuk menutupi kekosongan Ramsey yang maju kedepan. Perlu diingat juga bahwa pelapisnya, Abou Diaby masih cedera dan Francis Coquelin telah dipinjamkan ke Freiburg.

(Action Areas Mikel Arteta kala Arsenal melawan Aston Villa)
Action Areas Mikel Arteta kala Arsenal melawan Aston Villa musim lalu

Opsi Arsenal sangatlah minim karena tidak ada kedalaman skuad. Jika kabar bahwa Sagna memang terkena cedera benar, maka kita tidak ada pemain cadangan di lini belakang. Sementara itu Gedion Zelalem, pemain yang tampil sangat brilian di tur pra musim dikabarkan akan mengisi bangku cadangan Arsenal. Di lini depan Arsenal hanya memiliki Giroud dan Sanogo, gagal mendapatkan Higuain ataupun Suarez bagi saya merupakan hal yang sangat buruk karena sedikitnya opsi untuk serangan.

Sementara di kubu Aston Villa, rekrutan anyar mereka Alexander Tonev akan memberikan opsi lebih untuk Paul Lambert di sisi sayap. Christian Benteke yang tidak jadi hengkang dari Villa Park juga dirasa mampu memberi ancaman untuk lini belakang Arsenal. Kita tahu, Benteke musim lalu menunjukkan performa impresifnya, meski itu musim pertamanya di EPL.

Christian Benteke musim lalu berhasil mencetak atau membuat 49% gol untuk Aston Villa musim lalu. Sementara itu selama pra musim, Benteke sudah mencetak 7 gol dari 5 pertandingan. Tidak dapat dipungkiri mempertahankan Benteke adalah salah satu kunci Aston Villa untuk bertahan di EPL, bahkan finish di top 10. Namun mereka harus siap menghadapi jadwal ketat. Setelah Arsenal, mereka harus menghadapi Chelsea dan Liverpool.

Statistik Benteke via Squawka
Statistik Benteke via Squawka

Di Musim ke-17 Arsene Wenger menjabat sebagai pelatih Arsenal, 17 pemain Arsenal dilepas dan akan bermain perdana di EPL pada tanggal 17 Agustus 2013. Menarik bukan?

Match Facts

Head to Head

  • Arsenal hanya kalah 2 kali dalam 29 pertemuan terakhir dengan Aston Villa di EPL (W18 D9)
  • Meskipun hanya menang 2 kali, tetapi Aston Villa memenangkan laga tersebut di Emirates Stadium.
  • Aston Villa berhasil meraih 8 poin dalam 7 pertemuan terakhir dengan Arsenal di Emirates Stadium. Salah satunya imbang 1-1 di pertemuan pembuka EPL musim 2006/2007.

 Arsenal

  • Dalam 15 pertandingan pembukaan EPL, Arsenal memegang rekor W11 D3 dan L1.
  • 1 kekalahan itu adalah saat Arsenal bertandang ke Stadium of Light, markas dari Sunderland di 2008. Arsenal kalah 1-0.
  • Arsenal berhasil mengambil 32 poin dari klub-klub yang ada di bawah dari peringkat 6 musim lalu. Hanya Manchester United yang tampil lebih baik (36 poin).
  • Sudah 20 tahun Arsenal tidak mengalami kekalahan di kandang di pembukaan EPL. Terakhir Arsenal kalah di kandang adalah ketika menjamu Conventry di Highbury, dan berakhir dengan skor 0-3.

Aston Villa

  • Aston Villa berhasil meraih 17 poin dari 10 laga terakhir EPL musim lalu, dan menghindarkan mereka dari degradasi (W5 D2 L3)
  • Aston Villa adalah satu-satunya tim yang meraih lebih banyak poin kala pertandingan tandang (21) dibandingkan dengan pertandingan kandang (20) musim lalu.
  • Hanya Chelsea (3) yang berhasil menang lebih banyak dari Aston Villa di Emirates (2)
  • Jika Shay Given jadi pindah, maka musim ini Aston Villa memiliki skuad yang relatif muda. Tidak ada pemain yang berumur lebih dari 30 tahun.
  • Semenjak era Premier League, Aston Villa sudah bermain 12 pertandingan tandang di laga pembukaan. Mereka hanya berhasil menang sekali di tahun 1999 kala menghadapi Newcastle (0-1). Sisanya mereka imbang 7x dan kalah 4x.

One thought on “Match Preview: Arsenal v Aston Villa, New Spirit, New Hope, (no) New Signing

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s