Pembelian Realistis part 2 : Apakah Bernard Benar-Benar Bagus?

oleh: Unggul Wisesa Haddad

Hari Minggu saya yang sempurna mulai sedikit terusik mendengar berita-berita transfer yang berseliweran di timeline saya. Masalahnya adalah transfer yang saya baca hari Minggu itu sebagian besar menyangkut Arsenal. Mulai dari lepasnya target Arsenal, Gonzalo Higuain ke Napoli sampai kabar sekilas yang muncul sekitar tanggal 12 Juli yang tumbuh jadi berita transfer yang mulai rame dibicarakan malam itu. Kabar itu mengusik saya sekitar hari Senin dinihari. Berita tentang winger dari Brazil yaitu Bernard. Pemain muda dari Atletico Mineiro, berusia 20 tahun yang bermain dalam tim yang sama dengan pemain hebat yang telah bermain di tim-tim besar, Ronaldinho.

Ia tergabung juga dalam skuad Brazil di Piala Konfederasi dan cukup menarik perhatian beberapa tim di Premier League seperti Tottenham dan Liverpool, sampai akhirnya Arsenal mulai terlibat dalam perburuan Bernard. Katanya sih..apakah benar? Mari simak perkembangan berita Bernard dari awal masih kecil sampai membesar.

Mulai dari kabar dari otempo.com yang sempat mencuat sekitar tanggal 12 Juli. Yang saya tanggapi dengan muka datar dan saya yakini cuma kabar selewat.

 

Sampai akhirnya mulai tumbuh sedikit demi sedikit dan menarik perhatian saya hari Jumat kemarin. Melihat ESPN Brazil mulai sedikit membumbui berita transfer ini.

 

Sampai tanggal 22 Juli dini hari kemarin kabar itu semakin memanas sampai puncaknya sore ini, muncullah kabar yang mengejutkan dari L’Equipe yang membuat berita transfer Bernard ini masuk tahap baru di berita transfer Arsenal, dari sekedar “Berita lewat” berevolusi menjadi “Kemungkinan Terjadi”.

Salah satu kalimat di paragraf awal artikel L’Equipe bahkan membuat penggemar berita transfer seperti saya seakan tidak percaya berita ini bisa menjadi sebesar ini.

The young Brazilian international, who attended the last Confederations Cup, is expected Friday to London to undergo a medical with the Gunners”

Pikiran saya semakin kacau. Di satu sisi saya ingin mencoba mengabaikan berita transfer ini, di satu ingatan saya di musim lalu mencuat gara-gara tweet @MickTheGooner

L’Equipe was very reliable last summer when Arsenal bought Cazorla & Giroud.”

Tweet ini tidak salah, tetapi kurang lengkap. L’Equipe juga benar waktu memberitakan tentang Yaya Sanogo yang akan bergabung dengan Arsenal dan tidak mengubris berita abal-abal tentang Grenier yang beredar cukup panas sampai akhirnya padam waktu pemain yang bersangkutan menanda tangani perpanjangan kontrak. Oke, mari kita berhenti sampai sini sebelum kita berharap-harap semakin tinggi. Pertanyaan saya yang ingin saya bahas disini adalah.

Apakah Bernard benar-benar bagus?

Saya tidak akan membahas Bernard dengan statistik seperti artikel part 1. Saya lebih akan menuturkan hasil pengamatan saya dari video-video yang saya lihat sejak sahur tadi malam sampai saat saya menulis artikel ini. Anda bisa juga membantu saya menambahkan hasil pengamatan anda di kolom komentar apabila anda merasa saya melewatkan sesuatu.

Bernard, mulai bermain reguler musim 2012/2013 kemarin sebanyak 46 penampilan. Mulai menjadi pilihan utama Cuca, pelatih Mineiro sejak pertengahan musim 2011/2012. Bermain lebih banyak di sisi kiri, sebagai winger. Namun Bernard juga bisa dimainkan sebagai penopang penyerang alias second striker. Saya menemukan pemain pembanding Bernard dengan melihat permainan Andre Schurrle yang kini bermain di Chelsea. Yap! Mereka adalah pemain yang setipe!.

Bernard memiliki spesialisasi dalam mengocek bola dan mampu meneruskan menjadi gol layaknya Schurrle. Mereka berdua adalah tipe winger yang memiliki insting mencetak gol lebih tajam daripada winger-winger biasanya. Mereka lebih suka membawa bola masuk ke daerah pinalti lawan dan mengambil satu dari dua pilihan “Mengoper ke rekan setim “ atau “Melakukan finishing sendiri”. Hal ini terbukti dari 15 gol yang dia ciptakan musim lalu, dan lagi-lagi jumlah gol yang dicetak Bernard tidak jauh berbeda dengan gol yang diciptakan Schurrle musim lalu, 13 gol!.

Bernard juga merupakan pemain dengan body balance yang apik sehingga mampu masuk ke daerah pinalti lawan sambil membawa bola sampai akhirnya bola bisa dilepaskan baik dalam bentuk umpan maupun shot. Selain itu, apabila kita bertanya-tanya apa kelebihan Bernard yang tidak ada di Bernard adalah.. “Freekick khas pemain Brazil”. Bernard seperti pemain-pemain Brazil yang terkenal layaknya Neymar, Hulk, Kaka, Ronaldinho dll, mendapat anugerah spesial dalam hal mengeksekusi freekick. Tentu saja hal ini bisa membuat Arsenal mendapat satu lagi pilihan pemain untuk mengeksekusi freekick selain Cazorla, Arteta, Podolski, dan ee…Walcott.

Bernard dan Ronaldinho memiliki chemistry yang cukup apik di Atletico Mineiro. Bisa dibilang dengan sekilas bahwa Bernard dididik oleh pemain sekelas Ronaldinho selama di Mineiro! Anda bisa buktikan dengan melihat cuplikan-cuplikan video Bernard. Pasti ada Ronaldinho yang berperan dalam gol Bernard, passing-passing ke arah Bernard atau penerima passing Bernard. Saya rasa keraguan saya terhadap kemampuan Bernard mulai sedikit terkikis. Melihat pemain ini sudah terbiasa bermain dengan pemain sekelas Ronaldinho. Seorang legenda yang sulit untuk kita benci.

Saya bisa melihat Bernard di beberapa tahun mendatang, entah itu bermain di klub mana mungkin bisa berevolusi menjadi seorang playmaker. Mampu menciptakan peluang-peluang ke depan, atau lebih menusuk ke depan menopang striker maupun mengemban tugas sebagai mesin gol sementara di saat striker mengacaukan pertahanan lawan. Saya menemukan banyak video Bernard di youtube, dan menyimpulkan ini adalah video yang cukup mewakili apa yang saya utarakan di artikel ini.

Apakah Bernard benar-benar bagus? Menurut saya iya. Apakah dia akan berlabuh di Arsenal?

Semoga anda tidak berharap terlalu tinggi.

Tetap dukung Arsenal, apapun rencana mereka untuk musim depan ini. Salam.

17 thoughts on “Pembelian Realistis part 2 : Apakah Bernard Benar-Benar Bagus?

  1. sedikit mengingatkan saya pada Pires. Terkesan ringkih, tapi sanggup mengobrak-abrik pertahanan di sisi kiri dan kanan, juga kemampuan mencetak gol dari lini kedua. Really does hope it will happen

    Like

  2. Jauh dr sorotan media (baca: tdk mainstream) bkn berarti ga jago, betul ya? Walopun gw aga krg setuju kalau referensinya youtube. Youtube bisa membuat jordan henderson sejago lionel messi. Daripada youtube, gw prefer statistics walopun dua2nya adl referensi yg sama2 oversimplifying things.

    Anyway. So much for our “big signing” rumor ya. Gw break dl deh dr semua ini. Kembali lagi ketika sdh ada tulisan baru lagi.

    Intinya adl “manage your expectation”.

    Like

  3. (Mudah2an ga repost. 2nd attempt utk meninggalkan komen nih)

    Jauh dr hingar bingar media (baca: tdk mainstream berlebihan ) bkn berarti tdk jago ya. Walaupun gw tmsk yg tdk setuju kl referensi yg digunakan dlm menilai pemain adl youtube. Sperti yg gw pernah blg dan akan selalu gw ulang2 (remember this) Youtube bisa membuat seorang jordan henderson lebih jago dari lionel messi. Gw lebih prefer statistik walo sbnrnya both adl referensi yg oversimplifying things.

    Memang kalo pikir2 komposisi, seandainya gervai jd cabut, kita butuh 1 org lagi sih di sisi kiri. Tapi ntah knp gw lebih pengen liat gnabry. Kita semua setuju, big signing itu ga cmn masalah impact di lapangan, tp soal naikin mental pemain2 saat ini jg. Nah kalo tnyt AW ga ada mksd naikin mental, mending promosiin anak2 nextgen.

    Anyway, so much for our “big signing” rumors ya. Stop dl lah gw dr mengikuti semua ini.

    Like

  4. Statistik tentang Bernard masih sangat minim. Mungkin anda bisa membantu menemukan, That;s why saya cuma bisa mengandalkan youtube. Saya tahu alasan itu, tentang referensi youtube. Oleh karena itu saya nggak cuma melihat 1 video, bahkan 10 video, bahkan sy juga cr pembanding pemain yg setipe dgn bernard, Schurrle salah satunya. Yah apapun itu semisal Bernard jadi bergabung, saya rasa perlu dua jempol utk Scout arsenal yg bisa menemukan “poorman” hulk / neymar dengan harga yg lebih murah.

    Like

  5. Kok jawaban Wenger ke John Cross bikin makin yakin dia bakal ke arsenal ya?

    Ga tau sebagus apa Bernard ini sebenernya, tapi kalo gue sih setuju sama om Arsya The Gooner. Mending beli experience player atau promote pemain2 muda. Arsenal punya Gnabry sama Miyaichi yg umurnya ga beda jauh sama Bernard, nanti kalo Bernard beneran dateng bisa jadi malah menghambat perkembangan mereka. Jadi kalo emang gervais pergi mending beli experience player buat jadi mentor mereka kalo menurut gue.

    Tapi ga nolak juga sih kalo dia ke Arsenal, kalo baca2 dari artikel dan liat videonya di youtube, keliatannya dia tipe pemain yg bisa create something out of nothing.
    Well, Arsene knows.

    Like

    1. Yap, agak kaget. Tadinya sama sekali diluar radar. Ngga kenal Bernard juga, walaupun juga bukan big fan hot prospect Brazil unless they already play regular for 2-3 years, itupun belum tentu sukses di Eropa. Dari apa yang ada di youtube dan statistik, tampaknya menjanjikan. Dengan skill dan usia mudanya, bisa menambah kompetisi untuk posisi LWF, bisa mendorong semua pemain di pos tersebut untuk main lebih baik. Dan kalau Bernard benar-benar sebagus itu, he’ll be our regular LWF in 2014-2015, or sooner.. Selain itu kedatangannya bisa membebaskan Podolski untuk fokus bersaing sebagai CF. Apakah benar-benar akan gabung? Dari apa yang disodorkan dadad, 80% tampaknya..

      Like

  6. sebenarnya agak tidak terlalu setuju sih pembeliannya bernard. Menurut saya, ya bakal tambah banyak persaingan di bagian depan. Apalagi kalo suarez benar2 jadi ke arsenal. We can’t have both of them. Mending dialihkan fokusnya ke bagian lain seperti geladang bertahan yg masih kurang.

    Like

  7. Bernard baru aja bantu atletico mineiro memenangkan Copa Libertadores, dengan mencetak 4 gol dari 10 penampilan. agen sudah bilang kemenangan final itu hadiah perpisahan yang indah, dan setahu saya cuma ada “one-way race” untuk Bernard, kecuali ada “oil tycoon” ikut campur..

    Like

    1. Porto sama Dortmund udah ngejar dia lebih dulu dari Arsenal (setau gua). Karena ngeberitain rumor tim tim yang lagi ga kebelet pengen buka puasa gelar gabakal laku, jadinya kurang terkenal rumor dia didekatin Porto, Dortmund, dan tim-tim lainnya.

      Like

      1. Ah ya, Dortmund juga pernah diberitakan, tapi tidak seganas pemberitaan Arsenal. Tapi bukannya pengeluaran Transfer Dortmund sudah lebih dari pemasukkannya? IMO itu gaya transfer Bundesliga(minus muenchen), yaitu hati-hati dalam spending di transfer window. Porto agak potensial juga, lagi pegang duit banyak, cuma bukannya style mereka juga “buy low sell high”? Over 20M € itu sudah masuk high saya rasa.

        Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s