Scouting Report: Siapa yang Terbaik? Gonzalo Higuain, Luis Suarez atau Wayne Rooney?

Berakhir sudah gegap gempita kunjungan Arsenal ke Indonesia. Haru biru dan histeria campur aduk menjadi satu dengan skor kemenangan telak 7-0 menjadi klimaksnya. Skuat sendiri kini sedang berada di Vietnam, negara kedua sebagai destinasi tur Asia 2013. Dari Jakarta sampai Jepang nanti, pelatih dan pemain senantiasa diberi pertanyaan yang menyangkut perkara transfer Arsenal. Perekrutan pemain baru menjadi hal yang tak dapat ditolak untuk dibicarakan.
Selain nama-nama lain, tak bisa dipungkiri bahwa Arsenal sangat gencar memburu tanda tangan para penggedor jala lawan. Kali ini tak seperti biasanya karena klub mengincar nama-nama dengan label ‘piawai’ atau bahkan ‘world class’. Pemain-pemain tersebut adalah Gonzalo Higuain, Wayne Rooney dan Luis Suarez. Dua pemain terakhir terang-terangan mengakui ketidaknyamanan berada di klubnya masing-masing. Siapa sebenarnya yang lebih baik Arsenal rekrut?
Maka dari itu mari kita sambut saudara Dimas Sudjendro yang dengan luwes menjabarkan potensi dan gaya bermain ketiga orang tersebut. Dimas saya kenal pertama kali lewat artikel di blognya yang membahas krusialnya peran Sergio Busquets di Barcelona — di saat khalayak mencemooh aksi kotornya yang sebenarnya tak terlalu banyak. Kami, atau saya sendiri, merasakan beberapa persamaan: saya orang Jakarta tapi kuliah di Jogja sementara dia sebaliknya. Juga menyimak permainan tim-tim lain selain Arsenal (blog sepakbola miliknya bisa dikunjungi disini: http://sonofpitches.tumblr.com). Dengan sedikit ‘kick in the ass’, email darinya pun mampir di inbox saya semalam. 
Kepadanya waktu dan tempat saya persilakan.

**

Oleh: Dimas Sudjendro

Jendela transfer yang buka sejak 1 Juli kemarin masih meninggalkan banyak tanda tanya di benak kita para fans Arsenal. Hingga saat ini, Arsenal baru ‘hanya’ membeli Yaya Sanogo (yang notabene tampil cemerlang di World Cup U-21). Tidak dapat dipungkiri Arsenal juga membutuhkan seorang ‘world class striker’ untuk menjadi title contender. Dari Gonzalo Higuain, Luis Suarez, hingga Wayne Rooney adalah nama-nama yang dikabarkan akan bergabung dengan Arsenal. Kira-kira siapa yang cocok dan pantas untuk Arsenal?

Gonzalo Higuain

1

Gonzalo Higuain adalah salah satu nama yang sejak akhir musim lalu di kabarkan akan bergabung dengan Arsenal. Namun hingga saat ini, belum ada realisasi sama sekali dari pihak manajemen. Bahkan BBC sempat mengatakan bahwa Arsenal sama sekali belum menawar Higuain. Well, sedikit ironis memang kalau hal ini memang benar terjadi. Higuain sudah mengatakan bahwa dia ingin hengkang dari Real Madrid, dan Arsenal memiliki budget transfer yang lumayan besar musim ini. Kita tidak mau kecolongan lagi layaknya Juan Mata ke Chelsea, kan?

Bagaimana dengan statistik Higuain? Bagi saya, dia adalah salah satu striker terbaik yang ada di dunia saat ini. Seorang striker murni yang memiliki karakter sebagai goal poacher. Di umur yang baru menginjak 25 tahun, ia sudah mencetak 107 gol semenjak debutnya bersama Madrid. Hanya Lionel Messi (203) dan rekan setim-nya Cristiano Ronaldo (146) yang memiliki rekor jauh lebih baik daripada Higuain.

Tampil sebanyak 28 kali di La Liga musim lalu, Higuain berhasil mencetak 16 gol dan 5 assist dari 56 kali tendangan (33% berhasil di konversi menjadi gol). Dan tahukah anda bahwa rata-rata konversi gol untuk seorang striker di EPL hanya 16%? Berarti, Higuain memiliki konversi gol 2x diatas rata-rata striker di EPL. Salah satu karakter favorit saya yang dimiliki oleh Higuain adalah dia merupakan seorang fox in the box. Dari total 16 gol yang dibuatnya musim lalu di La Liga, hanya 1 yang berasal dari luar kotak penalti. Berarti, 15 gol sisanya ia cetak dari dalam kotak penalti.

Higuan's shot accuracy (via Squawka)
Higuan’s shot accuracy (via Squawka)

Dulu ada ungkapan “jodoh itu ada di tangan Tuhan, tapi kalau kita tidak berbuat apa-apa, jodoh itu bakal tetap di tangan Tuhan”. Ini adalah salah satu ungkapan yang mengekspresikan mengapa saya akan sangat senang Higuain ada di Arsenal. Dia bukan tipikal pemain yang malas turun ke tengah dan menjemput bola ketika bola tidak sampai di attacking third. Striker yang baik bagi saya bukan saja hanya mampu mencetak gol semata, tapi juga mampu mencari ruang, membuka ruang, dan juga mau menjemput bola. Contohnya adalah Dimitar Berbatov. Dia adalah striker yang sangat baik dan komplit, namun dia adalah tipe pemain yang malas menjemput bola. Akhirnya? Fulham FC.

Kita beruntung Higuain bukan tipe pemain seperti itu. Ia mau turun untuk menjemput bola dan tidak hanya menunggu di depan. Jika saya ambil contoh dalam kurun 2 pertandingan terakhir Real Madrid, Higuain banyak beroperasi di luar kotak penalti. Layaknya Giroud yang selalu turun dan membuka ruang untuk rekan-rekannya, Gonzalo Higuain akan sangat cocok di Emirates Stadium untuk menambah kedalaman skuad. Umurnya baru menginjak 25 tahun dan jika Arsenal berhasil mendapatkan Higuain untuk kontrak jangka panjang, saya yakin kita akan cepat melupakan Robin van Persie. Robin van who?

Higuain heat map versus Osasuna via Squawka
Higuain heat map versus Osasuna via Squawka
Higuain Action Areas versus Real Sociedad via Squawka
Higuain Action Areas versus Real Sociedad via Squawka

Luiz Suarez

Well, siapa yang tidak tahu Luiz Suarez? Diving, Rasisme, hingga menggigit Ivanovic ada dalam CV pemain asal Uruguay ini. Tetapi dibalik itu semua, klub mana yang tidak mau menerima servis darinya? Ia adalah salah satu striker yang versatile dan memiliki kemampuan mumpuni di depan gawang. 23 gol berhasil ia buat musim lalu di EPL dan dia hanya kalah dari Robin van Persie yang mencetak 26 gol. Bagaimana dengan statistiknya?

Luis Suarez adalah salah satu pemain favorit saya meskipun ia bermain untuk Liverpool. Diluar dari kelakuannya yang memang aneh, dia adalah pemain yang memiliki konsistensi tinggi di dalam lapangan. Ketika permainan Liverpool stuck di lini tengah, ia bisa turun sebagai attacking midfielder dan membuat kesempatan untuk Borini ataupun Sturridge. Suarez berhasil mencetak gol sebanyak 21 kali dan 4 assist saat dia berada di posisi striker. Sedangkan pada saat dia berada di posisi AMC, ia berhasil membuat 3 gol dan 1 assist.

Statistik Suarez berdasarkan posisi via Whoscored
Statistik Suarez berdasarkan posisi (via Whoscored)

Musim lalu, jika kita melihat pertandingan Arsenal, kita tampak kesulitan untuk membuat kesempatan dan permainan Arsenal hanya terhenti sampai di luar kotak penalti. Jarang ada umpan-umpan yang masuk sampai ke dalam kotak penalti. Apalagi jika Cazorla dan Wilshere tidak bermain dalam performa terbaiknya, hampir dapat dipastikan Giroud tidak akan mencetak gol. Hadirnya Suarez akan membuat Arsene Wenger memiliki opsi lebih di depan. Kita bisa saja bermain 4-4-2 dengan Suarez dan Giroud di depan atau bisa juga dengan kombinasi Walcott dan Suarez. Musim lalu Suarez membuat 84 key passes, namun hanya berhasil membuahkan 5 assist. Jumlah key passes yang di buat oleh Suarez sama dengan Cazorla, namun bedanya, Cazorla berhasil membuat 11 assist.

Statistik Suarez dalam mencetak gol juga layak untuk diperhatikan. Dari total 23 gol yang berhasil ia buat musim lalu, 15 gol berbuah dari kaki kanan, 5 gol dari kaki kiri, dan 3 gol dari kepala. Menarik untuk diperhatikan karena Suarez merupakan pemain dengan kaki kanan sebagai kaki utama. Meskipun kaki kirinya tidak sebaik Cazorla (kaki utamanya juga kaki kanan), namun statistik tersebut membuktikan ia juga bisa mencetak gol dari sektor manapun. Tidak harus repot memutar posisi badan untuk menendang. Jika kita memperhatikan Sturridge (kaki kiri) dan Valencia (kaki kanan), kita pasti bisa melihat bagaimana mereka sangat kerepotan ketika bola berada di posisi kaki yang lemah. Mereka harus memutar badan atau mengambil posisi bagaimana mereka bisa menendang dengan kaki favorit mereka. Kelamaan, keburu kesempatannya hilang.

Statistik gol Suarez via Squawka
Statistik gol Suarez via Squawka

Saya tahu pasti banyak pro dan kontra yang terjadi semisal Suarez benar-benar ke Arsenal. Selain harganya yang selangit (mencapai €40M), banyak fans Arsenal yang menolak karena sikapnya yang sembarangan. Hal yang lain, jangan lupa ia masih terkena sanksi 10 pertandingan ketika dia menggigit Ivanovic. Itu berarti dia tidak dapat bermain di awal musim. Tetapi di luar hal itu, saya akan sangat bahagia jika Suarez benar-benar ke Arsenal. Saya bisa mengatakan Suarez akan menjadi seorang ‘Robin van Persie’ untuk musim ini. Dialah pemain yang akan membuat Arsenal mendapatkan gelar. Jika €40M kita keluarkan dan kita berhasil menjuarai EPL musim depan, masa kita tolak?

Wayne Rooney

Inilah dia pemain terakhir yang kabarnya diincar oleh Arsenal untuk posisi striker. Dia adalah striker Manchester United, Wayne Rooney. Pemain yang selalu berperan sebagai antagonis di twitter ketika berhadapan Piers Morgan (fans Arsenal), tidak lama lagi kemungkinan akan pindah ke London untuk bermain di Emirates Stadium. Masuknya David Moyes sebagai pelatih anyar United akan membuka jalan Arsenal untuk menggaet Rooney. Kita tahu sendiri bahwa hubungan keduanya tidak cukup baik ketika di Everton (terkait komentar miringnya atas Moyes yang ia tulis di buku biografinya).

Sinar penampilan Rooney di Old Trafford tampak redup dengan masuknya Robin van Persie. Publik Theatre of Dreams kini lebih mencintai ‘penghianat’ kita Robin van Persie ketimbang Wayne Rooney. Padahal kontribusinya musim lalu bagi saya tampak sangat baik. Rooney berhasil mencetak double figure dari 27 penampilannya di EPL — akumulasi penampilan terminim sejak bermain bersama Everton. Ia berhasil membukukan 12 gol dan 10 assist, membuat 39 key passes, total 86 shots. Yang menarik untuk disimak adalah posisi Rooney yang turun menjadi seorang AMC atau trequartista ketika United memasang Welbeck dan Robin van Persie. Di posisi AMC, ia berhasil mencetak 9 gol dan 5 assist dalam 17 pertandingan. Ini menandakan bahwa Rooney pun nantinya bisa bermain bersama Giroud.

Statistik Rooney berdasarkan posisi via Whoscored
Statistik Rooney berdasarkan posisi via Whoscored

Sama seperti saat saya membahas Luis Suarez, Arsenal sangat kesulitan membuat kesempatan. Opsi yang ada ketika masalah itu terjadi adalah menendang dari luar kotak penalti. Sayang, Arsenal hanya memiliki Arteta dan Cazorla sebagai seorang penendang jarak jauh. Dan terkadang kita sangat frustasi melihat Cazorla yang jarang menembak dari luar kotak penalti. Rooney bisa menjadi alternatif lain ketika Cazorla sedang ‘mampet’. Musim lalu meskipun hanya 2 gol yang berhasil di sarangkan lewat luar kotak penalti, namun kita bisa mengingat musim-musim sebelumnya Rooney juga sering membuat gol dari luar kotak penalti.

Visualisasi gol Wayne Rooney berdasarkan posisi ia menendang (via Squawka)
Visualisasi gol Wayne Rooney berdasarkan posisi ia menendang (via Squawka)

Rooney yang saat ini berumur 27 tahun, bagi saya seharusnya sedang dalam puncak karirnya. Ia memiliki obsesi dan motivasi yang tinggi, mampu bermain di posisi mana saja, dan juga memiliki kemampuan mencetak gol yang baik. Dan hal yang sangat penting, ia memiliki pengalaman/jam terbang yang tinggi di Liga Champions. Alasan mengapa Olivier Giroud tidak tampil baik kala bermain di Liga Champions adalah karena ia belum pernah bermain di kompetisi Eropa sebelumnya. Pembelian Wayne Rooney akan menambah motivasi tim, dan juga akan membantu membeli pemain-pemain lain. Menunjukkan bahwa Arsenal memiliki ambisi besar untuk musim 2013/2014.

Jika musim depan Shinji Kagawa dapat fit dan bermain baik, ia akan berada di posisi ‘number 10’, dimana itu adalah posisi Wayne Rooney. Posisi striker? Kita liat kata-kata emas Moyes berikut.

Overall my thought on Wayne is that if for any reason we get an injury to Robin van Persie we are going to need him.

Apakah Rooney mau bermain sebagai ‘orang kedua’ di Manchester United? Saya rasa tidak. Tidak ada alasan Rooney untuk tidak hengkang dari Manchester United. Ia membutuhkan tempat utama di klub untuk menjaga posisinya di tim utama Inggris untuk World Cup 2014 mendatang (kalo Inggris lolos). Rumornya, Rooney bisa dilepas seharga €24M. Bagi saya, bargain for us.

Indocannon says:

Well put, Dimas.

Sementara ini kita hanya bisa berharap kemana ‘angin baik’ berlabuh. Media dengan cara sensasional bahkan memuat tajuk utama yang mengatakan Arsenal sanggup memboyong Rooney dan Higuain sekaligus. Yang unik, 2 dari 3 pemain di atas (Rooney dan Suarez) terkenal sebagai ‘bad boy’ dengan caranya masing-masing. Tapi ketimbang Higuain, keduanya adalah striker komplit yang mampu menunjang Olivier Giroud — striker utama kita yang performanya cukup impresif sebagai debutan EPL. Lain cerita dengan Higuain yang kemungkinannya dimainkan bersama Giroud sama kecilnya dengan peluang mention anda dibalas Nabilah JKT48.

Bagaimana pendapat anda? Siapa diantara ketiganya yang lebih layak mengenakan seragam kebanggaan Arsenal musim depan? Setujukah anda dengan apa yang Dimas jabarkan?

Tersedia kolom komentar untuk anda mengeluarkan pendapat.

14 thoughts on “Scouting Report: Siapa yang Terbaik? Gonzalo Higuain, Luis Suarez atau Wayne Rooney?

  1. Saya lebih condong ke higuain sbg rekrutan favorit arsenal musim ini dan bisa jadi tandem bagus bersama giroud. Mematikan dalam kotak penalti. Pembuka ruang untuk mencetak gol. Ditambah giroud yang sudah beradaptasi dengan 17 goalnya, musim depan pasti lebih baik saya rasa baik dalam perolehan gol maupun insting mencetak goalnya (mudah mudahan). Higuan jadi faktor x buat arsenal untuk lebih ditakuti oleh tim lawan. Dilihat dr stastistik ga ada keraguan nampaknya. Minim berita2 aneh menyangkut dirinya juga jd poin plus.

    Rooney juga perlu untuk pengisi dibelakang giroud, umpan2 dia membantu dalam supply ke depan yg kadang arsenal lebih banyak mengandalkan passing pendek lewat cazorla. Solusi terbaik mengingat saya cukup dibuat frustasi bila passing2 pendek yg dilakukan arsenal akhirnya mentok ga jelas. Shooting jarak jauhnya saya suka, dia cukup handal. Bisa jadi pemecah kebuntuan disaat ramsey, wilshere belum mampu nunjikin shooting yang mumpuni.
    Disamping itu dia dapat menambah kekuatan inggris dalam skuad arsenal. Koneksi permainan yang menjanjikan untuk inggris. Dan mungkin bisa menjadi peredam sikap kontroversial dia.

    Mereka berdua jadi solusi yang pas menurut saya, jd jika satu diantara mereka yang direkrut ya alhamdulilah sekali.

    Suarez, entah dr awal emang kurang suka dengan attitudenya. Sikap dia di lapangan kadang jadi bumerang buat tim, misal banyak membuang peluang dan yg lainnya yg sudah khalayak tau. Mungkin perlu waktu lama buat gooners buat nerima dia seandainya bener jadi direkrut. Statistiknya memang bagus, tp masih dibawah higuain dan rooney sbg rekrutan yg pas buat arsenal musim ini, menurut saya.

    Pendapat di atas cuma pengennya aja sih jika mengenyampingkan harga, komen2 manajemen kedua pihak dan taktik lebih dalam. Hehe, ga ahli lagian.

    Like

  2. berat memang rasanya untuk ngeliat Suarez pake seragam Arsenal. Sampai saat ini saya pribadi masih beranggapan kalo menawar Suarez adalah langkah klub buat ngegertak Madrid, karena mereka pun mengincarnya.
    Tapi sedikit berubah begitu tau kalo AW dan klub serius ngedatangin dia. Membaca komen2nya di wawancara.
    Minggu ini Higuain dikabarkan akan melangsungkan pembicaraan dengan Carletto perihal masa depannya di klub, sementara target Madrid yg lain, Cavani, udah resmi berbaju PSG. Situasi yg sulit buat Arsenal
    Kalo Rooney sendiri, saingan kita adalah Chelsea. Salah dua pemain mereka, Hazard dan Cech, terang-terangan bakal nyambut dia seandainya berlabuh kesana

    Like

  3. Di media saat ini sedang menggemborkan kalo wenger nge-bid suarez sementara higuain di-hold. IMO, wenger ngeliat strikernya ga ada yg tipe kreatif, dan itu yg buat wenger sekarang ngejar suarez lebih versatile dibanding higuain yg pure poacher. Tapi yang buat gue kagum sih statistiknya higuain. Gue sering liat higuain main, dan yes he’s really an effective striker. Di saat dia cuma jadi pemain cadangan di musim ini, dia tetap bisa nyetak 15 gol. Saat ini mungkin arsenal lebih butuh suarez menurut gue (except behavior nya)
    Both of them are really great player and I would love to see them playing in Arsenal’s shirt

    Like

    1. Statistik Higuain di La Liga musim ini main 28x, Starter 19x dan masuk jadi pemain pengganti 9x.. dan saya sendiri juga kepengen klo Higuain dan Suarez ke Arsenal.. Higuain punya motivasi lebih buat main bagus biar jadi jaminan starter di WC 2014 (kita tau sendiri, saingan buat di lini depan Argentina berat).. Sedangkan Suarez, saya bener2 suka sama work rate-nya.. seperti ada yg comment di twitter, game changer..

      Like

  4. You and Dimas has got the point, kalo Arsenal beli Higuain, itu artinya dia bakal berbagi peran yang sama dengan Giroud, mereka berdua sama2 bertipe poacher, beda dengan Suarez dan Rooney yg dapat menunjang dan membantu Giroud mendulang gol demi gol serta ikut berperan menyumbang gol. Sehingga bisa dipastikan jika pada akhirnya Higuain datang, dia akan dirotasi rutin dengan Giroud.
    Suarez memang tidak kalah berbakat dengan Rooney dan saya sangat kagum dengan keberaniannya meliuk-liuk di kotak penalti meski dikepung banyak pemain lawan dengan tingkat akurasi dribel yang tinggi. Oke memang attitude dia bisa berdampak buruk, tapi saya pikir sosok Arsene Wenger mampu merubah semua itu, meski tidak dalam waktu singkat. But, still, he’s a hungry hunter in front of the goal.
    Beda lagi dengan Rooney, Rooney tidak hanya bisa dipandang dari segi teknis. Faktor diluar lapangan juga patut untuk kita perhitungkan. Jack Wilshere pernah mengutarakan disalah satu wawancaranya dengan media bahwa dengan melihat nama Rooney di starting lineup akan membuat lawan bergulat dengan rasa takut. Selain itu, Rooney merupakan industri. Rooney bisa saja menarik banyak sponsor yang akan menunjang keuangan klub kedepannya. Diharapkan dengan polesan Wenger, Rooney akan semakin bersinar di Timnas Inggris dan Arsenal juga akan mendapat simpati fans di Inggris dengan hal itu. Disamping itu, kita juga pasti puas bisa membalas perbuatan United (you know what I mean, right?).

    Kesimpulannya, urutan pilihan saya: 1. Rooney, 2. Suarez, 3. Higuain

    Cukup sekian dari saya, maaf ya kalau kurang tajam dan akurat, nggak biasa nulis hehehehe. Ini opini saja sebagai sesama Gooner yang juga sering baca artikel anda.😀

    Like

  5. Kalo saya pilih Rooney, dia striker yang komplet. Dia bisa nyetak gol out of nothing, naluri di depan gawangnya juga tajam, work ratenya gila, larinya kenceng, lagi ada di puncak karirnya dan dia juga punya jiwa leadership walaupun kadang suka berulah. Saya rasa selain bentuknya yang mirip shrek dia cukup sempurna.

    Higuain the fox in the box, selain agak trauma sama label fox in the box saya juga merasa kalo dia bukan striker who can score out of nothing. Dan saya rasa Giroud di musim keduanya bakal lebih mengerikan dari Higuain.

    And then Suarez, dia juga striker komplet sayang aja kelakuannya kayak manusia barbar. Selain itu Suarez juga kayaknya ga punya jiwa pemimpin. kita punya banyak striker potensial, Yaya Sanogo, Joel Campbell, Chuba Akpom dan Benik Afobe. Mereka akan jauh lebih baik kalo punya mentor Rooney dibanding Suarez.

    Jadi kalo kita dapet tanda tangan Rooney, saya rasa minimal satu trophy dapetlah.

    PS: Gedion Zelalem, What a talented Kid.

    Like

  6. Jika disuruh memilih saya akan memilih 2 dari 3 nama diatas. kenapa? banyak keluarnya striker kita musim ini salah satu alasannya. dari bigdane, chamakh, arshavin, dkk. Secara pribadi melihat dari segi preverensi saya akan lebih memilih Higuan dan Suarez. Giroud sebagai striker utama kita musim lalu menunjukkan dia pantas bermain ditengah (sebagai debutan) dan jujur saja saya melihat belum ada pemain arsenal yg bisa menggantikan perannya even poldi. Higuain cocok untuk pelapis juga pesaing demi posisi striker tengah bagi Giroud. Untuk suarez sendiri sebenarnya rooney dan suarez memiliki tipikal yang bisa dibilang mirip Striker Kreatif. lagi masalah preverensi saya lebih suka suarez ketimbang rooney karena meskipun banyak yg menilai dia berperilaku barbar dll dia jarang sekali membuat klub pusing ketimbang rooney yang minta dijual hanya demi kenaikan gaji. kembali lagi semua itu preverensi saya pribadi. siapapun berhak berkomentar bukan.

    Like

  7. Ikut nimbrung lagi …

    Kabar terbaru katanya Madrid malah menaikkan harga Higuain. Kayaknya ini karena target mereka, Cavani, lebih memilih klub lebih tajir ketimbang Madrid yang punya Pemda. Jadi, sepertinya Don Carletto mikir2 lg buat ngelepas Higuain. Apalagi, menurut saya statistik Higuain lebih baik ketimbang Benzema, yg anak kesayangan Zidane yg kini jadi asisten. Jadi untuk Higuain sepertinya makin kecil kemungkinan buat kita bisa merekrutnya, walau saya suka klo sampe transfer ini benar2 terjadi.

    Untuk Suarez, koq kayaknya sayang ya klo kita bener2 jadi beli dia? Karena doi harus absen 10 pertandingan, dimana di awal2 musim kita sudah harus ketemu Ayam dan Setan. Ditambah kontroversinya di dalam dan luar lapangan. Walau emang dia striker komplit yg rajin cari bola. Klo sampe jadi ya gpp, cuman kita mesti sabar sama prilakunya, dan mesti sabar nunggu dia debut bersama kita.

    Dan untuk Rooney, kayaknya lebih masuk akal. Komentar Moyes bener2 bikin dia marah, pasti sebel setelah sekian lama bermain di klub dan byk kasih kontribusi, tiba2 kedatengan menir londo yg dah tua dan ringkih, dia jadi terabaikan. Selain masalah teknis yg kita dah tau tentang dia, dia jg bisa narik sponsor dan narik fans lokal biar lebih bergairah lg. Ditambah yg asli Inggris, yg mana sedikit banyak akan lebih dibela sama media. Contohnya kasus Terry dan Suarez, sama2 rasis, hubungan lebih ringan Terry.

    Cuman, dari semua itu, belum terlihat apakah bener2 bisa terwujud atau enggak. Dengan basic Wenger yg seorang ekonom, tentu bakal byk pertimbangan dibanding klub lain klo lg nawar pemaen. Yuk mari kita tunggu saja. Tapi klopun gagal, kayaknya gak bakal terlalu kecewa. Karena hal itu sudah biasa😀

    Like

  8. Pribadi saya lebih memilih suarez atau rooney, knp ? Menurut saya Higuain tipikal yg sama seperti Giroud, tidak bisa berkreasi di lini depan, jika Cazorla frustasi maka jelas Giroud tidak akan bisa membuat goal, lain halnya dengan Suarez dan Rooney, mereka bisa berkreasi dilini depan dengan gocekan gocekan yg mereka buat. Tp jika harus dipilih Suarez atau Rooney saya lebih memilih Suarez daripada Rooney, karena Rooney notabennya dari MU hehe. Sekian terimakasih

    Like

    1. I’d say, beli DM yang bagus dulu, yg bertipe ball-winner. Lini tengah bakal lebih seimbang, adding work rate to the team, maka forwards akan bekerja lebih baik. Call me a dinosaur, but IMO, Arsenal need a ball-winner DM. We have an adequate amount of forwards already, with good and prospective qualities. Giroud-Sanogo for CF= 1st & 2nd Forward selection yg fair. Tapi balik ke 3 pemain yg disebutkan, I’d choose Rooney. Admiring his determination, vision and teamwork.

      Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s