A greener news

Selamat siang.

Saya baru saja menemukan variasi lain anagram dari ‘Arsene Wenger’ = A greener news.

Betapa sebuah kebetulan.

Jadi masih belum ada kepastian dari transfer Gonzalo Higuain, tetapi hanyalah berita yang berputar-putar antara harian yang satu dengan yang lain. Harian A mengutip harian B yang dikutip harian C untuk kemudian kembali dikutip harian A.

A greener news: aliansi Alisher Ushmanov kembali ‘cangkeman’ di media perihal Arsenal. You know what? Tiap membaca tautan berita di Twitter dengan namanya sebagai subjek berita, saya selalu merasa ingin memukul bantal guling dengan keras. TIdak ada satu pun komentarnya yang memberi masukkan positif untuk klub. Yes, sebagai salah satu pemegang saham mayoritas Arsenal dia berhak untuk menyatakan rasa kecewa terhadap performa klub. Lha tapi kenapa tiap berkomentar terkesan ingin memetik keuntungan; yakni simpati dari Gooners?

Apapun, kemarin hari beliau berkata kepada CNBC,

Arsene knows better than me what should be done. We should trust him,

Of course, we as shareholders point to some drawbacks in the management of the club but he is a great coach and the club is progressing in the commercial sense.

It is high time for the club to win the highest trophies in the European Champions League, but I believe in the club’s future.

Yap, itu adalah kata-kata yang dikeluarkan oleh orang yang memperpanas masalah saat RvC lepas ke United musim lalu. Jika anda perhatikan Usmanov juga memberi kredit atas kinerja klub untuk mendapat kerjasama finansial yang menguntungkan klub (kontrak baru Emirates dan Puma).

Sayang Usmanov tidak mau secara langsung memberi kredit pada Ivan Gazidis.  Dari kacamata awam seperti saya, deal-deal finansial baru itu dapat terwujud atas kerja keras pria kelahiran Afrika Selatan itu. Mustahil Wenger masih sempat wara-wiri lobi sana-sini dengan eksekutif perusahaan besar di saat timnya berjuang di liga.

Ternyata bukan cuma Usmanov. Kongsinya di R&W holdings, Farhad Moshiri juga seia sekata, seperti yang dilaporkan Reuters:

Arsene Wenger was the reason we invested and he is very much the reason why we continue to support the club,

He remains the one with deep experience in the top four, and that provides a significant edge for the club,

They managed to stay in the top four with very strict finances and without some of the biggest players. Now they have the foundation to move on,

That is a significant win for Arsenal. That shows Puma’s confidence in London and, through London, Arsenal,

Mr Usmanov is an avid Arsenal fan, he enjoys watching the games and he has probably the best box at Arsenal. Should they invite us, or consult us, we are there to help.

Bisa disimpulkan bahwa kerjasama dengan Puma — meski belum diumumkan oleh kedua pihak secara resmi — sudah mencapai kata sepakat. Saya pikir juga mustahil dan tak etis bagi Arsenal untuk mengumumkan kerjasama ini di saat mereka masih menyisakan kontrak dengan Nike hingga akhir musim depan. Yang mengagetkan saya adalah perihal dukungan dua pentolan R&W holdings terhadap manajerial Arsene Wenger.

Kontrak Wenger yang mencapai tenggat akhir pada 2013/14 ditambah kenyataan prestasi yang tak kunjung tiba ternyata tak membuat beberapa paguyuban suporter Arsenal Supporter Trust (AST) untuk tetap memberi dukungan kepercayaan padanya. Situs Arseblog merilis berita mengenai hasil angket yang diikuti sekitar lebih dari 600 orang, dan sebanyak 71% menyatakan kepercayaan mereka. Ada pula sebesar 80.3% yang menyatakan Wenger harus duduk di jajaran direksi klub ketika tiba baginya waktu untuk pensiun sebagai pelatih. Silakan anda telusuri tautan dari Arseblog tadi untuk mendapatkan hasil angket anggota AST selengkapnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, bola kini di tangan Wenger untuk membayar kepercayaan mayoritas suporter terhadap dirinya.

Sebelum mengakhiri tulisan, saya ingin memaparkan betapa media begitu kerdil dalam memberitakan gosip transfer. Usmanov di kesempatan wawancara tadi selain memberi dukungan terhadap Wenger juga menyatakan hasrat untuk meminang Wayne Rooney. Pernyataan itu langsung ditanggapi media — kali ini Daily Mail — dengan sebuah headline:

Arsenal Siap Memborong bukan hanya satu tapi DUA! Higuain dan Rooney!

Just can’t help myself. Sampai jumpa.

Advertisements