Blogs, Websites, et cetera!

Just a quick post after last night’s hangover. Ini adalah daftar website/blog Arsenal yang patut anda baca di kala senggang. Alamat url sudah saya sertakan di nama blog. Anda hanya perlu *klik kanan* -> *open link in new tab* dan -> voila! Here we go:

1 Nil Down 2 One Up

Blog diasuh oleh Dave Seager aka @goonerdave66. Dave adalah blogger Arsenal yang cukup produktif dan mempunyai ciri khas dalam tulisan-tulisannya. Antara lain selalu membahas hal yang terjadi di atas lapangan mulai taktik, skema pertandingan hingga scout report. Dia salah satu yang pertama kali mengulas Giroud jauh sebelum media mengendus rencana perekrutan pria Prancis itu. Banyak guest blogger yang berkecimpung disini (saya salah satunya), yang paling menarik adalah serial Global Gooner Passion dimana kita bisa tahu kabar dan kebiasaan suporter Arsenal di belahan dunia lain.

7 AM Kick Off

Dari namanya tidak ketara bahwa blog ini membahas Arsenal dengan total. Nama blog diambil dari waktu rataan yang dhabiskan empunya blog untuk menonton siaran Arsenal, jam 7 pagi (Amerika). Blog ditulis oleh enam orang, dengan spesialisasi masing-masing. Tidak hanya match review/preview, tapi juga profil pemain-pemain Arsenal yang bahkan tidak populer. Saya pribadi sangat menggemari tulisan-tulisan sang founder, Tim. Dengan gaya khasnya bisa membuat data statistik menjadi hidup dan relevan dengan apa yang terjadi di lapangan. Tim juga kolumnis di website kenamaan Arseblog.

A Cultured Left Foot

Sejak jaman Kenny Sansom hingga Kieran Gibbs, Liam Brady hingga Thierry Henry, Arsenal adalah klub yang rutin melahirkan pemain-pemain dengan kekuatan kaki kiri mematikan. Jack Wilshere! Podolski! Maka tak heran hal tadi menjadi inspirasi untuk dijadikan nama blog oleh si penulis yang menggunakan @Yogis_Warrior sebagai nama akun Twitter. Sebagaimana blog saya, ia juga menggunakan moncong meriam klasik yang menghadap kiri sebagai logo, bukan ke kanan. Membahas Arsenal luar dalam. Dari finansial hingga sejarah. Penulis juga bertanggung jawab atas blog yang mengarsipkan tajuk surat kabar yang berhubungan dengan Arsenal, Arsenal on this Day

Angry of Islington

Internet melahirkan sebuah budaya baru dalam berkomunikasi. Kita bisa berbagi opini dengan orang lain tak peduli batas-batas fisik (gender, region, bahasa dan lain-lain). Tulisan-tulisan penulis disertai oleh data-data akurat dan merupakan pengritik Arsene Wenger paling cerdas, meski aroma bitterness masih sering tercium. Di masa muda beliau menjadi penulis untuk Gooner Fanzine dan beberapa kali mewawancarai tokoh penting Arsenal. Tak usah khawatir, tulisan-tulisan lawas beliau di-scan ke format jpeg dan diunggah ke blognya ini.

Arse 2 Mouse

One-stop Arsenal joint. Podcast, liputan pertandingan, rumor transfer.

Arsenal Report

Satu kata: desain ciamik. Potensial untuk menjadi yang terbaik tapi setelah orang-orang dibaliknya membuat forum (http://www.39t.co/) tidak ada lagi tulisan-tulisan baik yang mengulas taktik dan opini. Sangat disayangkan. Tapi di saat jendela transfer dibuka, website ini menyajikan fitur berupa daftar pemain-pemain yang direkrut dan dijual Arsenal. Lengkap dengan harga dan durasi kontrak. Tersedia pula catatan perekrutan Arsenal era Arsene Wenger.

Ashburton Grove

Website dengan penampilan neat and clean ini memberi pandangan-pandangan terhadap berita-berita tentang Arsenal yang berkeliaran di internet. Ada beberapa penulis tamu yang turut berkontribusi di sini.

Clockenders

Dari namanya saja sudah jelas bahwa si penulis merupakan suporter ‘lama’ Arsenal; diambil dari sudut tribun Highbury, Clock End. Tampilannya juga klasik.

Eastlower

Hampir mirip dengan blog sebelumnya. Yang membedakan hanya tampilan dan gaya bahasa. Mengikuti perjalanan Arsenal seperti narasi cerita-cerita fiksi dan blog ini menuturkannya dengan jelas, informatif dan menghibur.

Feverpitch FC

Tiga tahun lalu blog ini adalah favorit saya tiap Arsenal mengalami kekalahan. Penulis tinggal bersama istri dan satu orang putra di Cambridge. Membaca tulisan-tulisannya selalu mengelitik dan mengundang tawa. Sayang kini jarang lagi membuat tulisan baru. Mengikuti celotehannya di Twitter juga tak kalah menarik, sih!

Gunnerblog

Berisi pandangan-pandangan ala jurnalis. Always on the pitch, always on the pitch.

I Believe in Arsenal

Jika anda perempuan dan punya bakat menulis, kenapa tidak mulai mencoba menulis tentang Arsenal? Seperti pemilik blog ini Sian Macalarny. Gaya kepenulisannya dengan ciri khas sudut pandang seorang gadis membuat tulisan sepakbola tidak membosankan. Ada alternatif jika ingin membaca tulisan yang ringan dan jenaka. Sedikit fakta tak enak atau apes, awalnya blog ini bernama ‘I believe in van P*rsie’.

It’s All About the Arsenal

Ditulis oleh Steve, long-time Gooner yang tinggal di Harlow. Satu kesimpulan dari saya: membaca tulisan-tulisannya menenangkan. Ada rasa rindu yang khas jika seminggu tak membaca opini-opininya tentang Arsenal. Impulsif.

North London is Red

Tampilannya enak dibaca, tulisan-tulisannya — meski memakai bahasa Inggris — mudah dicerna. Si penulis, Daniel Cowan, sangat mengundang pembaca untuk turut berbagi opini dengannya di kolom komentar. Komunikasi dua arah antar sesama suporter yang menyenangkan dan menghangatkan.

Poznan in My Pants

Paul lahir di Leamington Spa, keturunan Irlandia dan kini tinggal di Amerika. Awal perkenalan saya dengannya karena membahas suatu album kompilasi musik asal kota kelahirannya di Twitter. Tulisan-tulisan Paul, baik di Twitter maupun blog begitu kocak! Tapi tidak lantas membuat buah pikirnya tak tersampaikan. Saya mengaguminya.

****************************

Saya akan memerbaharui list di atas jika ada website lain yang saya rasa tak kalah menarik. Mengenai blog Arsenal berbahasa Indonesia akan saya cantumkan lain waktu. Tenang saja.

Internet adalah tempat yang menakjubkan bagi kita. Maka manfaatkanlah untuk hal-hal berguna. Yidiiieew!

5 thoughts on “Blogs, Websites, et cetera!

  1. Boleh nambahin ga?
    Gunnerstown(dot)com
    Sekarang itu jadi situs terame, kayanya emang project gooners disana. dave eg dan beberapa nama lain ikut ngeramein situs itu, bah artikelnya juga keren keren abis.
    Le-Grove(dot)co(dot)uk
    meskipun agak condong ke wenger and board apalah itu, situs itu cukup update berita berita terbaru Arsenal.
    thefunnygooner(dot)wordpress(dot)com
    belum di update lagi, padahal tulisannya keren.
    arseblog(dot)com
    bingung mau jelasinnya gimana, abis disini lengkap banget hampir semua ada.
    desigunner(dot)wordpress(dot)com
    all about Arsenal tactical analysis.
    positivelyarsenal(dot)com
    mayoritas isinya artikel ringan, enak buat dibaca sambil ngopi ngopi. kalo misalnya ada yang mulai mojokin Arsene ama board biasanya langsung rame banget ini situsnya.

    Like

    1. Mengenai Arseblog dan Le Grove, apa masih perlu dijadiin rekomendasi? Karena saya pikir sebagian besar Gooner Indonesia pasti tau situs-situs tadi.

      Yang lain ente sebut di atas bakal saya cantumin

      Like

      1. oh begitu ya, gooners yang sering maen ama gua gatau le grove, arseblog, dll soalnya haha.

        curang nih, gua lagi ngumpulin data buat bikin post kaya begini eh lu udah ngepost duluan. haha gapapalah, keep up the goodwork mate!

        Like

    1. Oiya ada yang ketinggalan.
      WMFormation.com
      Ini blog terkeren sejauh ini menurut gua.
      Bagus banget buat yang masih awam sama sejarah Arsenal.

      Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s