Lintas Berita Februari — Preview v Sunderland — Rekrutan Anyar Arsenal (bek!)

Mana yang namanya Jupp Heynckes?!

Selamat malam dan tak terasa 2013 sudah memasuki bulan Februari yang berarti fixture neraka liga Champions versus Bayern Muenchen akan berlangsung kurang dari dua minggu. Sedikit berbeda dari tulisan-tulisan sebelumnya, kali ini saya hanya mengulas kabar-kabar yang berkaitan dengan Arsenal sejauh ini.

International Fixtures reports

Ada 15 pemain skuat inti yang melakoni tugas untuk negaranya masing-masing di partai persahabatan. Indonesia sebagai negara konsumen secara fantastis mampu menyiarkan beberapa match di TV-TV swasta. Laga pertama yang berhasil saya tonton adalah Spanyol v Uruguay di Qatar yang berakhir dengan kemenangan Spanyol 3-1. Santi Cazorla menjadi starter menggantikan Xavi. Tak dinyana kedua tim menjalani dengan serius laga yang seharusnya ‘santai’ ini. Terutama tim Uruguay yang berkali-kali melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Spanyol. Cazorla seperti biasa melakukan trik-trik magisnya. Ada di suatu kesempatan babak pertama dia melakukan roulette a la Zidane dengan kecepatan tinggi. Namun sayang, — mungkin — karena membludaknya playmaker di line-up Spanyol (Juan Mata, Cazorla dan Iniesta), tidak ada sumbangsih signifikan dari pemain didikan Real Oviedo ini. Luis Suarez tetap saja menjadi keparat meski tidak bersama Liverpool dengan aksinya melanggar Cazorla. Pemain mungil ini sempat terlihat meringis kesakitan namun untungnya tidak membuahkan cedera. Nacho Monreal masuk di babak kedua menggantikan Jordi Alba dan menjalani laga dengan ‘lumayan’

Di pertandingan lain antara Prancis v Spanyol. Ada 4 Gunners; masing-masing Sagna dan Koscielny untuk Prancis, Mertesacker dan Podolski. Menariknya, saya sempat membaca kicauan salah satu akun yang menyebutkan bahwa komentator untuk pertandingan ini adalah Arsene Wenger. entah di saluran apa karena di TV lokal saya tidak mendengar aksen ‘za zi ze zu’ a la Le Prof. Karena lebih tertarik menonton laga Inggris v Brazil, saya hanya sempat menonton sekilas pertandingan yang dimenangi Jerman 2-1. Ada sebuah aksi Mertesacker dipenghujung babak pertama dimana dia menyambut umpan penjuru dengan tandukan — namun bola masih memebntur mistar. Sayang sekali, bung. Satu hikmah dari pertandingan ini, jika memang Mertesacker selamban dan semalas yang kritikus bilang, bagaimana mungkin dia menjadi pilihan utama pelatih Joachim Low? Oke, I know, Badstuber sedang cedera. Tapi toh our BFG sejauh ini sudah mengoleksi 83 caps untuk Jerman. Oh ya, Ilkay Gündogan, gelandang Dortmund bermain sangat apik. Would you sign him up next window, Arsene? (kidding). Koscielny sempat terkena benturan di babak pertama dan tidak diganti Deschamps hingga menit 70-an. Konon dia cedera tapi menilik dari Arsenal.com statusnya akan dipastikan jelang laga v Sunderland. Oh iya, Giroud tidak main sama sekali dan Podolski mengalami hari buruk bersama top skor DFB Pokal sementara, Kiessling.

Ini dia, Inggris kontra Brazil. Dengan segala hype yang menaunginya, jelas tampilnya Jack Wilshere sebegai starter untuk pertama kalinya bagi Inggris sejak cedera akan dinantikan banyak orang. Walhasil my friend, doi berhasil tampil menjadi man of the match pertandingan yang dimenangkan oleh Inggris 2-1 ini. Gol pertama Inggris adalah ilustrasi kepindahan RvPrick ke United tahun lalu. Made by Arsenal, finished by Man United. Sodoran datarnya pada Walcott mampu membelah duet centre-half tim Samba dan dikejar Walcott. Namun naas kiper Brazil Julio Cesar sigap meng-closing down-kan ruang tembak Walcott — bola pun terpantul dan ujug-ujug jatuh di kaki Shrek Rooney. Sekali lagi sodara-sodara: made by Arsenal, finished by United.

Sontak publik Inggris nampak kaget dengan performa Wilshere. Bisa dilihat dari maraknya tulisan-tulisan bermunculan mengupas bagaimana peran pemain ini nantinya untuk The Three Lions. Silakan baca beberapa tulisan di antaranya:

  1. Iain Macintosh (penulis buku Football Manager Stole My Life): Jack Wilshere: The Beauty and Beast England have Craved http://soccernet.espn.go.com/blog/_/name/espnfcunited/id/3220?cc=4716
  2. Adrian Clarke (eks Arsenal yang kini menjadi jurnalis: Why Jack Wilshere is the Man to Lead England Back to the Top http://bet.unibet.com/football/international-football/2013/02/07/why-jack-wilshere-man-lead-england-back-top/542
  3. David Lacey (Guardian) Jack Wilshere the New Paul Gascoigne? http://www.guardian.co.uk/football/blog/2013/feb/08/jack-wilshere-paul-gascoigne-england
pic via @Ruuandthatsall

Patut diwaspadai salah satu centre-half Brazil Dante. Dia rupanya sedang membiasakan diri menghajar dan mengantisipasi permainan Wilshere mengingat dialah pilihan utama Bayern Muenchen berhubung Badstuber harus cedera hingga akhir musim. Theo Walcott pun bermain asik dan tampak padu dengan Wilshere meski aksi-aksinya tidak membuahkan, Theo kini lebih tenang dalam menggiring bola. Berkali-kali dia melakukan adu lari dengan Dani Alves dan bek kanan Barcelona itu tampak kepayahan. Semoga aksi Theo ini berlanjut jika kita bertemu Barcelona di Liga Champions nanti (tentu harus mengalahkan Bayern Muenchen lebih dulu, amin lah).

Chuba Akpom menjadi highlight bagi kemenangan Inggris U-19 dengan torehan 2 golnya. Ramsey, sempat membuat panik jagat Twitter dengan laporan mengalami cedera saat latihan. Namun ternyata keputusan Wales meninggalkannya lebih karena, precaution. Alias jaga-jaga. Pelatih Prancis Didier Deschamps juga secara tidak langsung diwanti-wanti Arsene untuk tidak menurunkan Diaby dan pernyataan itu dituruti. Puji syukur ya bro..

Mengenai duel melawan The Black Cats

Sunderland kerap menyusahkan Arsenal, seperti musim lalu saat mereka menjegal langkah kita di Piala FA. Musim ini pun armada anak-anak Martin O’Neill ini bisa dibilang tidak buruk-buruk amat setelah ditinggal king Bendtner. Ingat, musim lalu mereka kerap menjegal raksasa (v City 1-0). Patut diwaspadai gelandang jangkar sekaligus tukang pukul mereka Lee Cattermole, Stephen Fletcher — yang sejauh ini telah mengoleksi 10 gol dan tentu saja Danny Graham. Menjadi pertanyaan adalah apakah O’Neill akan merubah formasi menjadi 4-4-2 karena sejauh ini mereka memakai jasa Fletcher sebagai lone striker. 

Vermaelen dan Gibbs dipastikan tidak bisa tampil dan terlihat hari ini Ignasi Miquel ikut berlatih bersama skuat inti (Iggy, FTW!). Semoga kita tidak perlu ya bro, harus menyaksikan horor yang diperankan oleh Sebastien Squilacci.

Rekrutan Anyar dari Chelsea! Santos to Gremio?

Arsenal dilaporkan telah merekrut bek muda berumur 16 tahun asal Chelsea bernama Renny Smith. Anda bisa membaca laporan lebih lanjut disini: http://arsenalyouth.wordpress.com/2013/02/08/arsenal-sign-defender-renny-smith-from-chelsea/

Akan jadi pukulan telak jika 3 atau 4 tahun kemudian pemuda ini bertransformasi menjadi pemain mumpuni.

Kabar terakhir datang dari Brazil dimana Gremio dalam beberapa jam ke depan melalui presidennya akan mengumumkan pembelian Andre Santos. Sebagaimana yang dilaporkan L’Equipe, http://www.lequipe.fr/Football/Actualites/Andre-santos-quitte-arsenal/348773. Benar atau tidak mari kita tunggu berita selanjutnya.

Oh iya, jika belum tahu, saya baru saja menyumbang artikel untuk blog 1NilDown2OneUp milik Dave Seager. Sehubungan dengan Arsenal Summer Tour ke Indonesia, doi meminta saya menulis tentang bagaimana menjadi pendukung Arsenal di Indonesia. Silakan telusuri link berikut http://t.co/nCQTBFSq dan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

Till next time, girls and boys. Enjoy the weekend!

2 thoughts on “Lintas Berita Februari — Preview v Sunderland — Rekrutan Anyar Arsenal (bek!)

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s