Momen 5PUR2 ini dipersembahkan oleh: Ooo, Santi Cazorla!

20121218-060906.jpg

Arsenal’s third 5-2 scoreline in 2012, would you believe it?!

Mereka akhirnya kembali menunjukkan potensi dan segala gairah untuk menang. Passing demi passing diumbar sepanjang permainan, 100% passion dipelihara oleh masing-masing pemain, keberanian Arsène untuk memasang Theo Walcott sebagai penyerang tengah, kembalinya form Podolski, Jack Wilshere yang seolah-olah ada ditiap sudut lapangan, ketenangan kapten Verminator untuk tidak melakukan pelanggaran tidak penting, dan tentu saja..

Santiago Cazorla.

Pria ini punya segalanya untuk menjadi pemenang. Malam ini menjadi sangat spesial bagi pria didikan akademi sepakbola Real Oviedo ini. Malam yang juga spesial bagi para fans Arsenal.

6 chances created, 5 shots (4 on target), 6 key passes, 88 passes (86% accuracy), 1 tackle, 2 intercepts, 1 assist untuk Walcott dan 3 gol dengan kaki kanan, kiri serta.. kepala!

‘Keep calm & play it from the left’
Pertandingan ini mengembalikan aura magis ‘famous deadly left flank’ yang seakan hilang entah kemana.
Gol pertama dari Podolski tercipta atas kerja samanya melakukan operan satu dua dengan Gibbs — yang kemudian melepas cross — dan diselesaikan Podolski dengan tendangan kaki kiri khas yang amat sangat Jerman.

I mean, literally:

20121218-071110.jpg

1-0. Prinze Poldi is back. And that was Kieran Gibbs first assist EVER after his previous 45 appearances at Premier League.
Gol kedua tercipta hasil kejelian Arteta memberi umpan terukur kepada Posolski dari sisi kanan pertahanan Reading. Podolski berhasil mendapat celah kosong tanpa kawalan untuk kemudian melepas crossing ke kotak Penalti.
Walcott sudah salah langkah/posisi sehingga mustahil baginya untuk menyambar umpan, and there he is..
Cazorla menyelinap dan menyambar bola dengan kepalanya. Two nil for Arsenal and that was his headed goal ever!

20121218-074152.jpg
Ketika melihat replay, terdapat scene dimana Cazorla menghampiri Podolski dengan gestur: ‘gua ngegolin pake kepala, cuy! Njriiiit..’
Gibbs kembali menyumbang assist lewat flick-on heading untuk gol kedua Cazorla yang dengan dua sentuhan langsung menceploskan bola ke gawang Frederici.

Arsenal simply dominated them. Peluang terbaik Reading adalah saat mereka mendapat corner — yang tentu saja diambil oleh Nick Shorrey — namun sundulan masih melambung dari gawang Chesney

Clumsy defending strikes back!
Harapan untuk meraih cleansheet harus buyar karena fatal error ulah para fullback.
Aktor komikal kali ini adalah Kieran Gibbs dan Per Mertesacker yang seperti setengah tertidur saat dua gol balasan Reading tercipta.

Podolski memang tampil gemilang, tapi dibandingkan dengan penampilannya di Anfield, kita kehilangan determinasinya dalam mengawal Gibbs dari gempuran pemain sayap lawan.
Ini adalah hal krusial karena 2 winger Arsenal bukanlah sayap murni. Melainkan inside left/right forward yang diharuskan swap position dan menusuk ke kotak penalti.
Fullback sayap diharuskan siap berada di garis depan demi menggantikan tugas pelepas crossing.

Theo >Giroud?
Strategi Arsène untuk menurunkan Theo dibanding Giroud cukup mengagetkan karena saya rasa dalam menghadapi Reading yang gemar memainkan bola-bola lambung peran Giroud akan lebih krusial. First touch Giroud baik melalui kaki atau kepalanya sangat baik menyokong gaya menyerang Arsenal yang fluid.
Lagipula ketimbang Theo dia mau turun membantu pertahanan saat menghadapi bola-bola mati.

Dugaan saya salah karena dengan memainkan tiga penyerang dengan pace diatas rata-rata, pola serangan lebih bervariasi. Cazorla dan Jack Wilshere punya tiga pilihan untuk menyuplai through-pass.
Kemungkinan ini kecil terjadi apabila Giroud yang diplot sebagai penyerang tengah.

Ditambah perhatian para bek lawan akan lebih tercurahkan jika Walcott yang diturunkan karena kemampuannya untuk menahan bola dan mencari posisi lebih baik ketimbang Giroud.
Namun saya pikir situasi ini situasional tapi bisa dijadikan formasi utama kala menghadapi tim dengan gaya permainan Inggris orthodox ala Reading.

Oke, fellow Gooner saya rasa cukup sekian match preview edisi kali ini. Terima kasih atas atensinya dan jangan lupa memfollow akun Twitter @indocannon untuk Arsenal daily coverage (stats, gossip, transfer, media ramblings, etc).

Trivia:
Dalam tiga kali momen 5PUR2 di tahun 2012, Theo Walcot selalu mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol kelima Arsenal.
Arteta sukses melakukan 106 passing dengan akurasi 91%. Ini adalah pertandingan keenam musim ini dimana dia sukses melepas passing diatas 100.

Til next time!

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s