Inilah penyebab kesepakatan transfer Higuain tertunda — well, for a while

Selamat pagi menjelang siang, kawan-kawan sekalian. Bagaimana kabarnya di hari pertama BBM naik ini? Yah, biar bagaimana, disetujui atau tidak, jumlah subsidi yang dikucurkan pemerintah tak bisa dibilang sedikit. Namun sayangnya mereka seperti tidak serius dalam memberikan edukasi dan informasi pada masyarakat perihal betapa ngos-ngosannya negara untuk terus-terusan menalangi belanja minyak rakyat (dan terutama perusahaan besar yang memiliki pabrik dengan konsumsi BBM harian bisa ribuan liter).

Yang pasti akan ada banyak penyesuaian yang akan kita lakukan selama beberapa bulan ke depan. Harapan saya, sih, kebijakan ini tidak dilandasi oleh strategi politik menjelang pemilu 2014. Saya rasa, ini waktu yang tepat bagi kita untuk sedikit melakukan penghematan. Jika senggang, lihat colokan listrik di rumah, apa ada charger HP yang masih nangkring di colokan? Jika tak dipakai lebih bijak cabut segera agar listrik tak terbuang percuma.

Sebagian besar dari kita pasti bertanya-tanya, jika semua surat kabar sudah memberitakan kesepakatan pihak Higuan untuk pindah ke Arsenal, kenapa pengumuman kepindahannya tak juga diresmikan di website klub? Bukankah lebih cepat lebih baik bagi kedua belah pihak? Higuain dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan bisa saja disertakan dalam rangkaian tur Arsenal ke Asia. Pihak klub dapat segera memanfaatkan daya tarik sang pemain dari segi komersial; dari hak citra hingga hak intelektual.

Sebagaimana segelas bensin yang dituang ke bara api, akun selebtwit favorit kita semua, Geoff Arsenal, menyatakan lewat tweetnya semalam tentang status kebenaran transfer Higuain. Sang ‘informan’ bukan saja menjawab ‘dikit lagi’ tapi menyulut gairah pembacanya: jika Arsenal telah resmi mengumumkan kepindahan Higuain, target selanjutnya adalah Wayne Rooney. Penggemar sepakbola mana yang masih bisa menahan diri untuk tidak girang riang bukan kepalang?

Anda pikir transfer Higuain sudah tinggal menunggu waktu diumumkan? I don’t think so. Hari Kamis lalu saat semua media baik Inggris atau Spanyol memberitakan tanda setuju dari kubu Higuain untuk pindah, harian Marca — yang notabenenya dari Spanyol — menulis,

Gonzalo Higuain musim depan akan bermain bersama Arsenal, seperti yang dilaporkan Daily Mail

See? Ini menjelaskan — bisa jadi — bahwa sebenarnya tak terjadi apa-apa antara pihak Arsenal dan Higuain. Entah kenapa tidak ada satu pun wartawan yang berniat untuk mewawancarai Wenger atau pun Higuain mengenai transfer ini. Media dengan senang hati mengutip media lain demi membuat berita transfer meski kebenarannya belum tentu benar. Jika sumbernya adalah media lokal tempat pemain tersebut berasal (misal, La Gazetta saat memberitakan Jovetic), niscaya akan memerkuat berita asumsi yang mereka tulis.

Sekarang mari kita telusuri keadaan di Real Madrid, klub Higuain berasal.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Madrid baru saja ditinggal Mourinho, pelatih yang telah memimpin tim ibukota selama tiga tahun. Dan… Sampai saat ini belum mendapat pengganti. Semalam keluar laporan dari media Prancis bahwa PSG baru saja setuju untuk menunjuk Laurent Blanc sebagai pelatih mereka dengan durasi kontrak dua tahun — ini berarti pelatih mereka musim lalu, Carlo Ancelotti bisa segera merapat ke Madrid.

Tapi kenapa kedua klub belum mengumumkan peresmian pelatih baru masing-masing? Kita tidak tahu bagaimana grup Qatari menjalankan PSG. Tapi yang jelas, klub sekelas Madrid terasa janggal untuk menunda penunjukkan sosok baru yang menjabat posisi penting di klub mereka.

Masalah Madrid tidak berhenti di kekosongan pelatih. Mega bintangnya, Cristiano Ronaldo telah lama dikabarkan tidak kerasan bertahan di klub. Melalui akun Twitternya Ronaldo menegaskan bahwa semua rumor yang menyebut perpanjangan kontraknya adalah tidak benar. Ingat, Madrid musim lalu — untuk standar mereka — berada dalam posisi terpuruk setelah gagal di segala ajang yang mereka ikuti. Sedangkan seteru abadi Barcelona baru saja merekrut properti panas dua tahun terakhir, Neymar dari Brazil.

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa Madrid baru akan menjual atau membeli pemain setelah mereka dengan resmi memiliki pelatih baru. Lantas kenapa tidak juga menyegerakan penunjukkan Ancelotti jika memang dirinya sudah dibiarkan PSG untuk pergi?

Ijinkan saya berasumsi: presiden Madrid adalah Florentino Perez, sosok yang seolah-olah bisa menunjuk pemain bintang dari belahan dunia mana pun untuk bermain di Madrid. Ingat skuat Madrid dengan cap Los Galacticos yang ia ciptakan beberapa tahun silam? Tidak ada satu pun dari pemain bintang tersebut yang direkrut atas kemauan pelatih. Murni hasrat Perez.

Belum mendapat kepastian pelatih baru dan masa depan Ronaldo yang belum jelas. Ditambah hal lain seperti gosip perekrutan Gareth Bale (taksiran dana transfer €80 juta) dan Isco (30 juta) yang seperti menggambarkan bahwa Madrid sebenarnya kelimpungan.

Salah satu media Spanyol El Confidencial melaporkan, Madrid tidak akan merekrut Ancelotti sebelum 1 Juli karena bermaksud menghindari besarnya pajak yang harus dikeluarkan (sebesar 52%). Kebijakan tadi akan berimbas pada lalu-lalang pemain masuk-keluar dari dan ke klub mereka. Masuk akal karena sampai saaat ini mereka belum kehilangan satu pemain pun. Well, saya bisa saja salah karena saya hanya mengandalkan Google Translate untuk membaca kedua berita tadi. Jika anda punya kemampuan berbahasa Spanyol dan ingin menerjemahkannya (dengan benar) silakan tinggalkan di kolom komen. Oh iya, ini kedua link berita dari El Confidencial (sambil saya sertakan hasil terjemahan dari paragraf penting):

  1. Florentino Pérez thinks not make any movement until next July 1. Starting with Ancelotti and followed by some of the players who may appear on the Santiago Bernabeu as signing for next season. And all because of a tax issue, for fiscal tax issue. Real Madrid wants to take advantage of the figure by which a worker residing within 180 days only 24% listed income tax and a 52% that would be taxed if your residence in Madrid was six months and one day . (link)
  2. The bids from Real Madrid and the technician are very close, and the willingness of both to link their future is total. However, everything indicates that Real Madrid did not announce their engagement until after July 1, with the intention to avoid having to pay taxes to 52 percent under the new tax law. Once heralded the arrival of the technician, the next step will be giving the names of the first signings. (link)

Hal yang menguatkan kepindahan Higuain ke Arsenal adalah, sudah jadi rahasia umum kalau Higuain merasa dinomorduakan dari Karim Benzema, dinilai dari jumlah gaji keduanya yang berbeda. Higuain memperoleh gaji tahunan sebesar 3,5 juta Euro, sedangkan Benzema — yang mengenkan nomor punggung 9 — ditaksir meraup gaji sebesar €5juta per tahun dan menobatkannya menjadi atlit termahal se-Prancis. Atlit, lho, lingkupnya. Bukan hanya antar sesama penendang bola.

Lalu hal kedua, pesaing Arsenal dalam mendapatkan Higuain, Juventus, dikabarkan memindahkan target ke sosok baru yakni Carlos Tevez dari Manchester City. Yang mengherankan adalah kenapa selalu hadir nama Juventus di tiap nama striker yang kita incar mulai dari Fernando Llorente sampai Jovetic. (padahal mereka telah memiliki Llorente!).

Hal lain yang bisa membatalkan kontrak ini adalah, Manchester City, terlihat menjadi tidak niat untuk mendatangkan Edinson cavani dari Napoli. Pihak Napoli semalam telah bersuara bahwa City tidak akan sanggup memenuhi target buy-out clause yang menempel pada diri Cavani. Persiapkan hal ini untuk anda pegang suatu saat nanti: City bukan tidak mungkin untuk mengalihkan target dari Cavani ke Higuain yang lebih murah.

Saya lebih percaya bahwa berita yang beredar dua hari lalu, sepenuhnya dikibaskan oleh pihak yang ingin mendulang keuntungan. Antara agen sang pemain Imenurut Transfermarkt, agen Higuain adalah Sentinel Sport) dan pihak klub. Peminat boleh menawarkan harga, tapi tentu jumlah tertinggi yang akan diterima, bukan?

Ini bernada klise, tapi hell yes saya tulis juga,

Jangan percaya berita apapun jika bukan dari Arsenal.com. 1 Juli masih lebih dari satu minggu lagi.

Selamat berakhir pekan.

About these ads

3 thoughts on “Inilah penyebab kesepakatan transfer Higuain tertunda — well, for a while

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s